29.6.09

Michael Jackson Meninggal Karena Serangan Jantung

Dunia Musik Pop Dunia tersentak ketika mendengar “King of Pop” Michael Jackson meninggal dunia. Seluruh penggemar Michael Jackson larut dalam kesedihan saat mengetahui berita kematian sang mega bintang itu. Mereka seolah tak percaya jika sang idola itu pergi secara tiba-tiba. Padahal ia berencana untuk menggelar konser pamungkasnya Juli mendatang di Inggris.


Kronologis Meninggalnya Jacko
Jackson dilarikan ke UCLA Medical Center setelah petugas pemadam kebakaran Los Angeles menerima laporan itu dari jalur telepon permohonan bantuan darurat 911. Menurut Kapten Steve Ruda dari Dinas Pemadam Kebakaran Los Angeles, permohonan bantuan itu diajukan dari sebuah kediaman di Los Angeles barat pada pukul 12.21 waktu Los Angeles atau Jumat (26/6) pukul 02.30 WIB.

Sekira pukul 13.14 waktu setempat, Michael dalam keadaan tak sadarkan diri tiba di rumah sakit. Sejumlah dokter dan personel gawat darurat langsung melakukan CPPR dan mencoba menyadarkan raja pop tersebut.

Akan tetapi upaya tersebut tidak berhasil, selanjutnya sekira pukul 14.26 waktu setempat, Michael Jackson diumumkan telah meninggal dunia.

Dugaan Penyebab Kematian
Jantung berhenti mendadak atau Cardiac arrest -lah yang diduga telah merenggut nyawa penyanyi pop dunia Michael Jackson. Petugas koroner Los Angeles menyebutkan, inilah penyebab kematian Jacko--panggilan lain Michael Jackson. Kesimpulan awal ini diambil dengan melihat gejala awal yang dialami Jacko, yakni pingsan setelah tidak bisa bernafas secara mendadak.

Seperti dikutip dari contactmusic.com, pernapasan buatan (cardiopulmonary resuscitation/CPR) segera diberikan sebelum Jacko dilarikan ke UCLA Medical Center, Los Angeles. Namun nyawanya tidak tertolong lagi.

Cardiac arrest atau keadaan jantung mendadak berhenti berdenyut menurut American Heart Association disebabkan karena adanya penyumbatan di cabang arteri koroner. Jantung berdetak untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh-pembuluh darah. Ketika jantung gagal berdetak maka darah tidak terpompa ke seluruh tubuh dan mengakibatkan organ-organ vital dalam tubuh, termasuk paru-paru, gagal bekerja semestinya. Inilah yang diduga membuat penyanyi kelahiran 29 Agustus 1958 ini sulit bernafas.

Respon Penggemar Jacko
Para penggemar Michael Jackson meletakkan karangan bunga, lilin, dan pesan-pesan bertuliskan kalimat duka cita di sekitar lokasi pusat koroner Los Angeles, Amerika Serikat. Ini adalah tempat jenazah Jacko diotopsi. Hal tersebut dilakukan sebagai wujud bela sungkawa atas wafatnya legenda pop tersebut. Aksi serupa juga digelar sejumlah penggemar Jacko di Hollywood Walk of Fame di California. Mereka berkumpul untuk berdoa bagi keselamatan Jacko yang tak tertolong lagi.



Konser Inggris Gagal

Raja musik pop, Michael Jackson, meninggal dunia sebelum kesampaian menggelar konsernya di Stadion Ouw Two, London, Inggris, 13 Juli mendatang. Konser batal, padahal tiket sudah habis terjual sejak Maret silam. Konser tersebut rencananya akan menggunakan konsep teknologi canggih dengan 20 ribu kursi penonton.

Untuk kepentingan acara tersebut, AEG Live, promotor konser Jackson, telah menggelontorkan dana sebanyak 20 juta dolar Amerika Serikat. AEG Live berharap mendapat keuntungan berlimpah. Target AEG Live adalah memperoleh keuntungan 115 juta dolar AS. Impian itu hancur karena Jackson telah meninggal. Kini AEG Live harus mengembalikan tiket senilai 85 juta dolar AS.

Michael Jackson terakhir kali manggung pada 2001. Sejak itu dia tenggelam dalam berbagai masalah hukum dan kesehatan. Bahkan saat tampil di ajang World Music Awards 2006, Jackson hanya bisa melantunkan beberapa bait dari lagu We Are The World.

Bagaimana Karir Jakson
Michael Jakson, yang meninggal di UCLA Medical Canter, Los Angeles, memang menjadi salah satu penyanyi dan penulis lagu paling berbakat di dunia. Tapi dia juga menjadi salah satu artis yang paling sering diberitakan karena kontroversi tindakannya.

Ia memang aneh. Ia gemar mengubah wajahnya lewat bedah plastik. Ia sangat eksentrik. Ia pernah disidang karena dituduh melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak.

Jackson lahir sebagai anak ketujuh dari sembilan bersaudara. Keluarga itu memang penuh bakat musik, jadi ayahnya membentuk grup band dengan nama Jackson Five.

Bocah ini bergabung dengan band keluarga yang cukup top di Amerika Serikat itu saat ia belum genap enam tahun. Dua tahun berikutnya bersama kakaknya, Jermaine Jackson, ia menjadi penyanyi utama. Lewat band ini, Jackson kecil mengasah kemampuan bernyanyi dan menari.

Saat pamor Jackson Five (sempat mengubah nama menjadi The Jacksons) meredup, Michael merilis album solo pada 1979 yakni "Off the Wall". Album ini langsung melejit. Dua lagunya, "Don't Stop 'Til You Get Enough" dan "Rock with You", menduduki puncak tangga lagu Amerika Serikat.

Tapi album yang benar-benar membuatnya top adalah "Thriller" pada November 1982. Jackson menulis empat dari sembilan lagu di dalam album ini. Album ini menjadi album terlaris sepanjang masa dengan penjualan diperkirakan pada kisaran 100 juta buah.
Album itu digemari kulit putih maupun hitam. Ia berduet dengan Paul McCartney lewat "The Girl is Mine". Ia menggabungkan musik yang enak untuk ajojing dengan heavy metal lewat "Beat It" (raungan gitar Eddie Van Halen mengisi lagu itu)


Album itu benar-benar membuat Michael Jackson menjadi bintang paling top pada awal 1980-an. Ia bisa diterima penggemar musik kulit hitam maupun kulit putih. Tak heran, Presiden Ronald Reagan sampai mengundang Michael Jackson ke Gedung Putih. Ciri khas Michael Jackson sarung tangan hanya dipakai di satu tangan dan baju ala Sargeant Pepper's Lonely Hearts Club Band dan menjadi top.

Setelah album "Thriller", Jackon merilis sejumlah album lain yakni "Bad", "Dangerous", "HIStory", dan "Invicible". Album ini tidak bisa dibilang gagal untuk ukuran artis biasa, tapi dibanding dengan "Thriller", kalah jauh. Meski begitu, Jackson tetap top.
Tapi popularitas ini juga membuat keanehan Jackson tidak terkendali. Jackson membeli simpanse bernama Bubbles. Ia mengaku toilet untuk Bubbles dan dirinya sama. Ia juga mengaku menderita vitiligo yang membuat kulitnya memutih. Jackson juga diberitakan berusaha hidup awet muda dengan masuk tabung oksigen. Bintang ini kemudian membeli ranco disebut Ranco Antah Berantah (Neverland Ranch) seluas 1.100 hektare.

Berita tentang Jackson tidak berhenti di sini. Ia menulis biografi "Moonwalk" yang mengungkapkan saat kecilnya sering dipukuli ayahnya. Ia mengaku menjalani sejumlah operasi plastik.

Pada pertengahan 1990-an, Jackson dituduh melakukan pelecehan seksual kepada Jordan Chandler, 13 tahun. Kasus ini diselesaikan dengan damai, dengan Jackson membayar ganti rugi US$22 juta (Rp 225 miliar). Tapi kasus ini membuat Jackson terpaksa mengkonsumsi obat penenang. Belakangania malah ketagihan obat penenang ini.
Sesaat setelah kasus ini muncul, Jackson menikah dengan Lisa Marie Presley, anak satu-satunya penyanyi top Elvis Presley tapi hanya bertahan dua tahun.

Tanggal penting bagi Michael Jackson
29 Agustus 1958: Michael Jackson dilahirkan di Gary, Indiana sebagai anak ketujuh dari Sembilan bersaudara.

1963: Setelah beberapa tahun melakukan latihan keras, The Jackson Five mulai tampil di depan umum.

14 Desember 1969: The Jackson Five muncul di “The Ed Sullivan Show”

1970: Album pertama mereka “Diana Ross Present The Jackson Five” termasuk hit single “I Want You Back” dan “I’ll be There” menjadi Top Hits.

1972: Walaupun masih bernyanyi dengan Jackson Five, Michael Jackson menciptakan album solo pertamanya, "Got to Be There."

1979: Jackson membuat album solo pertama sebagai orang dewasa, "Off the Wall" . Dia menjadi artis solo pertama ke single dari empat tempat yang sama dalam The Top 10.

1982: Dalam album "Thriller" memenangkan catatan delapan Grammys dan mencapai penjualan terbesar dunia untuk sepanjang waktu. Seiring dengan judul lagu, terdiri dari lagu "Billie Jean" dan "Beat It."

1983: Jackson menyengat 50 juta pemirsa dari "Motown 25" oleh televisi khusus untuk menyanyi dan menari "Billie Jean" sambil memakai fedora hitam, satu sarung tangan putih, dan ankles celana di atasnya.

1984: Selama produksi komersial dari Pepsi-Colal, Jackson's kepalanya sedikit terbakar.

1985: Jackson dan Lionel Richie menulis apa yang menjadi salah satu yang tercepat-lamanya dengan penjualan single "We Are the World" Lagu yang dibuat untuk mengumpulkan uang bagi korban kelaparan Ethiopia.

1987: Album-Nya "Bad" memproduksi lima singles menjadi No. 1 dan menjual setidaknya 22 juta kopi di seluruh dunia.

1995: Releases album "History: Past, Present, dan Future Book I." Pada bulan Agustus, lagu "You Are Not Alone" menjadi single pertama dalam sejarah musik pop untuk memasukkan grafik Billboard di No 1.

1997: Album, " Blood on the Dance Floor: History in the Mix " hanya terjual dalam ratusan ribu di seluruh dunia, sehingga mengecewakan Jackson pada nomor ini.

Selamat Jalan Jacko...

1 komentar:

sanur sukur mengatakan...

heal the world
ill be there
earth song

tiga lagu yang ga akan pernah q lupa sampe kapanpun

Posting Komentar

Video Lumpur

Profil

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Catatan pikiran seseorang relawan kemanusiaan yang mencoba berimajinasi melalui inderanya terhadap lingkungan... Kontak : Adjie RS HP : 081234542038 email : adjie_rs@yahoo.com

Recent Post

 

Template by NdyTeeN