14.6.09

Kesendirian

Sebuah keadaan ketika seseorang menginginkan dirinya untuk berada ditempat lain yang lebih nyaman merupakan sebuah hasrat yang pasti diinginkan oleh setiap manusia di dunia. Pencapaian sebuah kenyamanan ataupun keinginan untuk hadir dalam sebuah kondisi di mana kenyamanan tersebut dapat muncul dengan alami bagi manusia, berbagai macam kenyamanan dapat dicapai oleh mereka dengan caranya masing-masing. Kenyamanan itu sendiri hadir ketika kita memasuki “ruang-ruang” di mana adanya interaksi antara tubuh dan pikiran yang saling kooperatif dengan keadaan yang ada. Kenyamanan tiap orang berbeda-beda cara penghadirannya, namun dari tema besar yang akan saya angkat adalah sebuah kesendirian yang dapat menimbulkan rasa nyaman ataupun tidak. Tidak hadirnya individu lain pada sebuah area tersebut merupakan keinginan yang mendasari untuk terciptanya keadaan kesendirian yang mendukung kenyamanan tadi. Ada juga orang yang nyaman ketika hadirnya seseorang dengan kondisi yang memungkinkan, atau ketidakinginan hadirnya orang lain di ruang tersebut untuk menghadirkan kenyamanan yang dibangun. Keterbatasannya ruang-ruang di mana keinginan untuk nyaman, menyebabkan sebuah kondisi ingin lepas dari segala beban pikiran yang ada, seperti lepas dari masalah yang ada ataupun terkadang mempunyai perasaan ingin menghilang dari dunia ketika merasa sebuah masalah yang membebaninya belum dapat diselesaikan. Keadaan terganggunya pikiran dengan hadirnya objek lain yang tidak diharapkan merupakan sebuah inti dari permasalahan keseharian dari manusia.

Momentum merupakan kata yang tepat untuk menjelaskan sebuah keadaan tersebut. Terjadinya moment tersebut didukung oleh hadirnya kita di dalam sebuah ruang di mana kita dapat berinteraksi dengan lingkungan yang dapat mempengaruhi jiwa atau pikiran yang secara alamiah dapat terpengaruhi oleh hadirnya hal-hal yang tidak diharapkan, yang kemudian hadirnya sebuah respon terhadap hal tersebut. Sehingga perasaan dan sebuah kejadian yang dapat memutarbalikkan pikiran dan perasaan dapat dibangun oleh hadirnya kejadian yang tidak diharapkan tadi. Sebuah peristiwa, tragedi atau kejadian yang tidak terduga dalam hidup kita dapat terjadi kapan saja dan di mana saja yang hal tersebutlah yang akan menentukan nasib kita kedepannya.

Sebuah kejadian baik atau buruk dapat menimpa setiap mahluk hidup di bumi ini kapan saja, dan hal tersebutlah yang lebih ingin ditekankan dan diolah oleh seniman untuk menghasilkan sebuah kejadian/peristiwa yang dapat diapresiasi lebih pada karya-karyanya.

1 komentar:

FPBI mengatakan...

Selamat membaca !

Posting Komentar

Video Lumpur

Profil

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Catatan pikiran seseorang relawan kemanusiaan yang mencoba berimajinasi melalui inderanya terhadap lingkungan... Kontak : Adjie RS HP : 081234542038 email : adjie_rs@yahoo.com

Recent Post

 

Template by NdyTeeN