22.6.09

Rumah Sakit Jatiroto: Kelahiranku

Aku merenung sejenak ketika akan menuliskan sesuatu tentang dimana aku dilahirkan. Mengingat suatu tempat pada masa lalu, membutuhkan pikiran-pikiran masa lalu. Mengumpulkan kembali memori verbal ataupun visual masa kecil yang rumit. Membuka kembali cerita dan kisah masa-masa kecil atau mungkin membuka referensi suatu tempat yang berhubungan dengan diriku dan masa laluku.

Tempat itu mungkin banya
k dilupakan orang. Namun bagi diriku tempat itu memberikan kenangan yang tak pernah kulupakan. Jatiroto, sebuah wilayah kota kecamatan masuk wilayah Kabupaten Lumajang, yang mengandung makna bahwa dulunya berupa hutan jati karena kesuburannya sehingga Pemerintah Hindia Belanda tertarik untuk mendirikan sebuah industri gula. Pabrik Gula Jatiroto sebuah industri gula terbesar di Wilayah Jawa Timur. Kemana saja mata memandang kita kan melihat perkebunan tebu, dengan bunganya yang berbulu-bulu putih kelabu itu.

Menurut seorang Ibu yang pernah melahirkan diriku ke dunia ini, aku dilahirkan di Rumah Sakit Jatiroto milik Pabrik Gula Jatiroto dengan seorang dokter berkewarganegaraan Iran.
Aku bertanya padanya ,"kok dokternya dari Iran?"

Ibuku menjawab dengan bijak ,"dulu pabrik gula sangat maju sehingga banyak didatangkan tenaga ahli dari luar negeri"
Akupun hanya bisa melongo karena tidak mengerti apa makna kemajuan waktu itu ketika melintas dalam perjalanan Surabaya-Jember.




Rumah Sakit Jatiroto, Jl. Dr. Sudirman, Jatiroto, Lumajang

Rumah sakit itu masih ada sampai sekarang dengan megahnya, letaknya di pinggir jalan tepat di depan pintu masuk ke areal pabrik yang di batasi sungai Bondoyudo.

1 komentar:

Eko Afriadi mengatakan...

Dapatkan paket wisata dalam maupun luar negeri
dengan pelayanan yang memuaskan dan harga yang kompetitif hanya di Aisyah Jaya Wisata cab. Jember
telp. 0331-714370
atau
Eko Afriadi (marketing)
0331-5242698/085236958967

Posting Komentar

Video Lumpur

Profil

Foto saya
Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
Catatan pikiran seseorang relawan kemanusiaan yang mencoba berimajinasi melalui inderanya terhadap lingkungan... Kontak : Adjie RS HP : 081234542038 email : adjie_rs@yahoo.com

Recent Post


 

Template by NdyTeeN